Kabinet Tinggi rendah jadi SATU!!! Forestech 2011

Pada awalnya Forestech merupakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknologi Hasil Hutan yang kemudian berubah menjadi Himpunan Mahasiswa Minat (HMM) Teknologi Hasil Hutan, hal ini disebabkan kebijakan pihak Fakultas yang menjadikan 4 jurusan yang ada menjadi General Forestry pada tahun 2010. Himpunan Mahasiswa ini didirikan pada tahun 2001 dan saat ini kepengurusan Forestech sudah menginjak periode kepengurusan ke-IX. Forestech merupakan suatu wadah untuk menampung segala kreativitas mahasiswa yang bergerak di bidang Teknologi Hasil Hutan.

Visi yang kami bangun pada kepengurusan ini adalah menyatukan Forestech baik internal maupun eksternal, menjadikan anggota Forestech lebih berkualitas, memiliki karakter yang kokoh, mampu berperan bagi lingkungan, serta memiliki daya juang yang mampu bersaing dalam kompetisi global. Upaya strategis yang perlu dilakukan untuk mencapai visi tersebut antara lain :

  1. Menyalurkan bakat dan kreativitas yang dituangkan dalam program kerja Forestech
  2. Melibatkan seluruh anggota dalam tiap kegiatan Forestech
  3. Meningkatkan soft dan hard skill

Untuk menyalurkan bakat dan kreativitas anggota Forestech dalam berorganisasi, maka pada kepengurusan ini dibentuk 4 departemen dan 2 divisi yang masing-masing memiliki singkatan yang unik. Departemen pertama adalah Techno Inc (Technology Learning Comunity) dengan singkatan TIPS, yaitu Techno Inc Punya Forestech yang memiliki program kerja di bidang keilmuan. Departemen kedua adalah Departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) yang memiliki 2 divisi di dalamnya, yaitu Divisi Kaderisasi dengan singkatan PLAT DK (PSDM ala THH Divisi Kaderisasi) dan Divisi Olahraga dan Seni (DOLAN). Departemen ketiga adalah Departemen Pers dan Jurnalistik (PERJAKA) serta departemen keempat adalah Departemen Jaringan dan Kerjasama yang disingkat JAKET (Jaringan dan Kerjasama Forestech).

Jargon yang kami susun dari adanya 4 departemen dan 2 divisi tersebut adalah “Kita ini adalah kumpulan PERJAKA dan Srikandi yang suka DOLAN naik PLAT DK pakai JAKET untuk mencari TIPS sebagai Pengembangan SDM kita bersama.”

Program kerja kami cukup banyak, antara lain Kunjungan Industri (KI), seminar-seminar, MEDITASI (Media Training Organisation), Kuliah Tokoh (KT), kunjungan dan belajar di laboratorium THH, latihan olahraga rutin, Made by Forestech (pameran hasil hutan), Techno-Break (diskusi dengan dosen THH), dan kegiatan-kegiatan lainnya. Program kerja andalan kami adalah Kunjungan Industri, tentunya tanpa mengesampingkan program kerja lainnya.

Kunjungan Industri merupakan kunjungan ke industri yang bergerak di bidang hasil hutan, baik kayu maupun non kayu. Pada Kunjungan Industri tahun ini kami mengunjungi CV. Mekar Abadi yang memproduksi kayu lapis dan Pabrik Gondorukem Terpentin di Wonosobo, Balai Diklat Kehutanan di Kadipaten, CV. Independent Furniture yang memproduksi rotan di Cirebon, PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills di Karawang, dan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Kami juga berkesempatan untuk menjadi penonton dalam acara Kick Andy di Metro TV loh (hehe). Kegiatan kunjungan industri seperti ini tidak selalu dalam skala besar atau jauh, kami juga mengadakan kunjungan ke industri yang ada di DIY dan kunjungan selanjutnya di daerah Jawa Tengah.

Program kerja yang khusus untuk mahasiswa baru adalah Kuliah Tokoh dan MEDITASI. Kuliah Tokoh ini merupakan perkenalan awal program studi THH dengan narasumber dosen THH dan alumni atau mahasiswa THH berprestasi yang juga membahas isu-isu kehutanan terkini, khususnya di bidang Teknologi Hasil Hutan.

Salah satu kebijakan terbaru yang diberikan oleh dosen THH adalah memberikan judul penelitian pada mahasiswa semester 5 yang bertujuan untuk memacu semangat belajar dan penelitian serta untuk mempercepat kelulusan mahasiswa minat THH. Mungkin temen-temen akan mendengar bahwa jika masuk minat THH maka akan lama lulusnya, sebenarnya kelulusan itu tergantung orangnya itu sendiri, kitalah yang akan menentukan antara lulus cepat atau agak terlambat dengan catatan THH juga mampu mencetak lulusan dengan lama studi 3,5 tahun dan cumlaude.

—–Teknologi,,,, Inovasi Tanpa Henti, Kreativitas Tanpa Batas—–

Satu dalam keluarga “Tinggi Rendah Jadi Satu”

Leave a Reply

Your email address will not be published.